Have a day full of smiles, good work and love!
Because Smile is the Melody of the Soul. Work is the Service of the Spirit and Love is the Gift of the heart.

Selasa, 03 Agustus 2010

Ramadhan

Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dirindukan umat Islam dan kaum muslimin. Keindahan dan kekhusyukan hari-harinya adalah sulit didapatkan. Tidak heran dibulan suci ini begitu banyak hal biasa yang menjadi istimewa.

Bagi mereka yang menjalani puasa dengan benar, memahami esensi puasa, tentu bulan ini akan akan berkesan sangat mendalam. Alhasil Ramadhan ibarat ujian kenaikan kadar iman.

Tapi bagaimana juka puasa yang dijalankan hanya sebatas ritus belaka..? Jika demikian Ramadhan ibarat tengah melakoni sebuah karnaval ramai, gebyar dan berwarna-warni dan akan bubar setelah acara selesai.

Setiap orang berhak melakukan dan memilih apa yang dijalaninya disaat Ramadhan, tapi agar puasa kita tidak sia-sia, terjebak pada sebuah ritus belaka tanpa makna, maka maknailah puasa sebagai bentuk latihan pengendalian diri, penyucian diri dan bentuk penghambaan diri pada Tuhan Yang Maha Pencipta, sehingga puasa itu betul-betul sebagai bentuk peningkatan kesadaran kemanusian kita.

Puasa itu untuk Allah. Tidak bisa diamati oleh panca indera manusia. Yang mengetahui hanyalah Allah dan orang yang berpuasa itu sendiri. Sebagai mana hadist Nabi :
''puasa itu untuk-Ku, dan Aku sendirilah yang akan menbalasnya..''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar